Jenis Tren Modifikasi Mobil yang Wajib Kalian Tahu!

Jenis Tren Modifikasi Mobil yang Wajib Kalian Tahu!

Memodifikasi kendaraan merupakan bagian dari kegiatan unjuk diri yang sering dilakukan. Tidak hanya para anak muda, namun hobi yang satu ini juga digemari oleh penyuka otomotif orang dewasa. Hobi modifikasi terlebih mobil, tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Sama seperti hobi lain pada umumnya, tren memiliki komunitas dan gaya sendiri-sendiri yang unik dan berbeda. Dalam kasus ini, ada banyak sekali gaya modifikasi mobil yang mempunyai fokus serta estetika mencolok.

Kamu penyuka otomotif? Penting banget untuk tahu beragam tren modifikasi alias MOD mobil. Mungkin untuk kamu yang sedang ingin modif mobil, kamu bisa mendapatkan inspirasi gaya agar kendaraanmu semakin keren!

Beberapa Tren Modifikasi Mobil

1.      JDM – Penyuka Jepang

JDM merupakan singkatan dari Japanese Domestic Market. Loh, hubungannya pasar Jepang dengan modifikasi mobil apa? Jadi, tren ini mengacu pada perubahan atau upgrade yang sering dilakukan pada mobil berbasis Jepang.

Beberapa merk yang ada di tren ini termasuk juga Toyota, Mitsubishi, dan Subaru. Tren ini cocok dengan mobil-mobil yang umumnya kecil, ramping alias sleek, dan juga bertumpu pada estetika neon serta warna-warni mencolok di malam hari.

Komponen dan spare parts yang digunakan biasanya didapatkan dari produsen otomotif Jepang langsung. Meskipun begitu, bukan berarti mereka terkunci pada satu wilayah saja, ada juga yang menyukai modifikasi seperti itu di negara lainnya.

Aliran JDM in menyukai fungsi daripada bentuk. Jadi, beberapa perubahan mungkin enggak serta-merta langsung terlihat, tetapi ketika digunakan, akan terasa beda. Misalnya modifikasi ban dan kemudi untuk drifting.

Ngomong-ngomong soal drift, bagi kamu penyuka JDM, barangkali kamu bisa mencari inspirasi dari film The Fast and The Furious dan Tokyo Drift. Himpunan mobil ramping, cepat dan siap ngeper di belokan tajam adalah contoh MOD dari aliran ini.

Varian mobil yang sering digunakan di sini antara lain Subaru Impreza bagi yang menyukai kecepatan dan kemudahan berkendara. Mitsubishi juga sering memasok mobil, walau biasanya mereka lebih fokus ke daya. Hyundai bahkan tidak ketinggalan dengan seri Tiburon yang punya kecepatan mantap.

2.      Street Racer

Ngobrolin soal mobil pastinya tidak bisa lepas dari kegiatan balapan dan kecepatan. Nah, buat kamu yang suka dengan speed dan tantangan untuk terus meningkatkan performa mobil, barangkali aliran Street Racer cocok.

Di sini kamu bisa eksplore barang-barang yang meningkatkan kecepatan dari mobil, misalnya Nitroxide alias NOS. Bagaimana aerodinamika dan bentuk mobil menjadi lebih ramping untuk mengurangi gaya gesek udara juga meningkatkan kecepatan.

Penggunaan sticker dan lampu neon, memakai sayap belakang untuk menambah kontrol, juga spare parts ala mobil balap menjadi contoh fisik dari aliran ini. Mobil Jepang sering menjadi pilihan di komunitas ini, namun mobil american muscle seperti Ford Mustang kerap jadi pilihan.

3.      Komunitas Elit

Hellaflush dan VIP biasanya digemari oleh para pecinta otomotif dari kalangan atas. Hal ini karena modifikasinya dilakukan untuk mencapai kesan posh dan keren dibandingkan performa kendaraan yang prima.

Para pemilik kendaraan ini enggak lagi fokus untuk adu cepat atau adu kuat tetapi menggunakan mobil yang dimodif sebagai simbol estetik dan keren. Ini cara mereka menampilkan diri sebagai komunitas elit.

Misalnya, Hellaflush menggunakan Lambhorgini dan merk Italia lain seperti Fiat dengan modifikasi badan mepet jalan. Ia tidak menambah fungsi, namun cukup membuat mobil keren dari segi penampilan.

Lainnya, Aston Martin dan Rolls Royce. Kedua mobil ini memiliki modifikasi eksternal maupun internal yang sangat mewah seperti penuang champagne, kursi kulit, dan banyak hal lain untuk menunjukkan kesan elit.

Ada juga sub-genre dari komunitas elit yaitu DUB. Populer dengan mobil semi-truck atau SUV dari amerika. Misalnya, pengguna Cadillac atau Chevrolet yang menampilkan kendaraan besar, kuat, dan punya telepon dalam mobil.

4.      Retro & OEM

Pilihan genre ini tentu udah familiar. Bagi para penyuka mobil-mobil klasik seperti Volkswagen Beetle, Safari, atau Cadillac a la 1950an tentu suka dengan komunitas retro yang mencari mobil lama.

Kegiatan komunitas ini tidak terbatas pada mengoleksi saja, namun juga merestorasi mobil. Maksudnya restorasi adalah mencari mobil rusak atau bagian yang masih bisa diselamatkan dan membangun mobil baru berdasarkan cetak biru mobil lama.

Beberapa mobil populer seperti yang tadi kami sebutkan (VW, Cadillac) merupakan relik dari masa lalu. Karena Amerika dan Eropa merupakan produsen mobil dominan, sehingga kebanyakan mobil digandrungi merupakan mobil yang berasal dari sana.

Kamu juga pasti tahu DeLorean, mobil futuristik yang muncul di film Back To The Future, atau Chevrolet Camaro yang merupakan re-build dari Chevrolet terdahulu. Kalau kamu nonton film Transformers, ada Buick dan WayFarer yang direstorasi menjadi tokoh Ironhide dan Optimus Prime.

Salah satu komunitas spesifik di dalam genre ini adalah OEM. Singkatan dari Original Equipment Manufacturer, berasal dari Jepang. Ingat Initial D? Toyota Sprinter Tureno milik tokoh utamanya termasuk restorasi OEM.

Komunitas OEM merupakan penyuka retro yang otentik banget. Jadi, mereka akan melakukan banyak cara untuk bisa memastikan bahwa mobil tua yang mereka modifikasi memiliki spare parts dan dibangun sesuai cetak biru awal.

Itulah beberapa komunitas dan inspirasi dari modifikasi mobil. Silahkan kamu cek lagi dan siapa tahu, ada komunitas yang paling cocok untuk tujuan modifikasimu. Sehingga dengan begitu informasi dan teman yang kamu dapat bisa membantu mewujudkan keinginan hobi-mu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.